Menatap Hari Esok

Prosesi Ta’aruf kami (Untuk Pembelajaran)

Posted on: Maret 4, 2009

http://innaverry.co.cc

Inna & Verry

Ta’aruf

Proses kami bermula pada akhir Oktober 2008 dengan pertukaran biodata masing-masing yang diiringi dengan musyawarah dari pihak keluarga dan kerabat terdekat kami. Dari biodata yang diterima, kedua calon pengantin dapat mengetahui secara mendasar latar belakang, sifat, aktivitas dan visi hidup calon pasangannya. Setelah proses istikharah selama 2 pekan dilalui, akhirnya kami memantapkan hati untuk berlanjut pada proses ta’aruf.

Ta’aruf tatap muka berlangsung di Bandung, tanggal 1 November 2008. Selama kurang lebih satu jam dijalankanlah sunnah Rasulullah SAW ini. Saling memperkenalkan diri, saling menceritakan keadaan keluarga, saling menceritakan kondisi saat ini dan rencana-rencana hidup kedepannya. Alhamdulillah, proses tatap muka berjalan dengan lancar. Momen ini merupakan peristiwa berharga yang sarat makna dimana kami bisa mengenal lebih jauh satu sama lain untuk yang pertama kalinya.

Sepekan setelah ta’aruf tatap muka, kami memutuskan untuk maju ke tahap berikutnya. Calon pengantin laki-laki diminta datang ke kediaman calon pengantin wanita di Jakarta pada tanggal 9 November 2008 untuk berkenalan dengan orang tua dan keluarga tanpa disertai kehadiran calon pengantin wanita. Setelah proses perkenalan lancar dilalui, orang tua calon pengantin wanita harus berangkat menunaikan ibadah haji selama 40 hari sehingga proses kami harus dipending terlebih dahulu hingga orang tua calon pengantin wanita pulang ke tanah air. Dalam masa ini kami sepakat tidak melakukan proses komunikasi secara langsung dan berharap Allah akan akan memberikan jalan terbaik bagi proses kami. Dalam tenggang waktu ini kami memanfaatkan waktu untuk mengkondisikan keluarga, juga menambah tsaqofah masing-masing mengenai pernikahan serta meningkatkan ruhiyah & kedekatan kami kepada Allah. Selain itu, kami juga menggunakan waktu ini untuk mengadakan ta’aruf kedua yang dilaksanakan di Bandung pada tanggal 26 November 2008. Segala pertanyaan yang ingin disampaikan dan belum terungkap pada proses ta’aruf tatap muka pertama kami manfaatkan di dalam pertemuan tersebut. Alhamdulillah, proses ta’aruf yang berlangsung kurang lebih satu jam tersebut menambah kemantapan hati kami untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

Orang tua calon pengantin wanita pulang ke tanah air pada tanggal 23 Desember 2008. Karena kondisi kesehatan ba’da kepulangannya ke tanah air kurang baik selama kurang lebih 3 pekan, maka kami memutuskan untuk merencanakan perkenalan keluarga calon mempelai wanita dengan keluarga calon mempelai laki-laki di Jakarta pada tanggal 18 Januari 2009. Setelah proses perkenalan keluarga dilakukan, kami memutuskan untuk maju ke tahap berikutnya yaitu khitbah. Proses khitbah berlangsung di rumah orang tua calon pengantin wanita, di Jakarta, tanggal 1 February 2009. Alhamdulillah, berkat rahmat dari Allah SWT, proses khitbah berlangsung lancar. Orangtua calon pengantin wanita menerima pinangan tersebut dan ayah calon pengantin wanita memberikan restu untuk menikahi putrinya pada tanggal 8 Maret 2009. Alhamdulillah.

Kesederhanaan dan kelancaran proses taaruf ini adalah berkat rahmat dan pertolongan dari Allah SWT. Kami sadari, hanya dengan kehendak Allah sajalah proses kami selanjutnya dapat berjalan dengan lancar. Kami berharap dapat membentuk keluarga sakinah, mawaddah, warohmah, dan kehadirannya dapat memberikan manfaat untuk lingkungan sekitarnya. Semoga dengannya Allah ridha dan melimpahkan berkah kepada keluarga yang akan dibentuk. Amiin ya Rabbal’alamin.

Calon Pengantin

“Wahai manusia, bertaqwalah kamu sekalian kepada Tuhanmu yang telah menjadikan kamu satu diri, lalu Ia jadikan daripadanya jodohnya, kemudian Dia kembangbiakkan menjadi laki-laki dan perempuan yang banyak sekali.” (Qs. An Nisaa (4) : 1).

Ya Allah, karuniakan kepada kami isteri dan keturunan yang menentramkan hati kami, dan jadikanlah kami penghulu orang-orang yang bertaqwa..”

Inna Arumsari Fitriany

Putri bungsu yang lahir dari empat bersaudara anak pasangan Tata Suwarta, KS dan Komiyati. Dilahirkan 21 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 2 September 1987 di Jakarta dengan mewarisi turunan Sunda-Jawa dari kedua orangtuanya. Bersekolah di TK Taman Sakti Jakarta, SDN Bambu Apus 04 Jakarta, SMPN 259 Jakarta, SMAN 14 Jakarta, dan kemudian berkuliah di program studi Teknik Lingkungan ITB angkatan 2005. Karakter umumnya adalah sanguinis-melankolis. Tipikal orang yang senang belajar dan menyukai hal-hal baru. Berharap ketika berkeluarga, bisa saling mendukung dengan pasangan untuk mewujudkan keluarga penuh berkah yang sakinah, mawaddah, warahmah serta bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

Verry Aria Firmansyah

Putra sulung dari tiga bersaudara anak pasangan Achmad Hanafiah dan Maryati. Dilahirkan 21 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 25 Mei 1987 di Bogor dengan mewarisi turunan Sunda-Jawa dari kedua orang tuanya. Berkarakter dasar Sanguinis-Koleris. Tipikal orang yang supel, kritis, dan bersemangat untuk mempelajari hal-hal baru. Pendidikan formal sejak TK sampai SLTP dijalani di Bogor. Masing-masing di TK Puri Kencana Bogor, SDN Polisi 2 Bogor, dan SLTPN 2 Bogor. Setelah menjalani pendidikan menengah di SMAN 2 Bogor, tahun 2004, merantau ke Bandung, dan melanjutkan pendidikan ke Teknik Planologi ITB. Bercita-cita menjadi pengusaha muslim, pendakwah, pendididik, dan pemimpin keluarga Islami. Berharap menjadi suami juga ayah dari istri dan anak-anak yang menentramkan hati, menjadi penghulu bagi orang-orang yang bertaqwa.

“Ketika Allah sudah menjodohkan, menautkan hati-hati manusia, maka cinta pun akan hadir dan pertemuan pasti kan terjadi. Dan insya Allah, Allah akan memberikan jalan terbaik bagi orang-orang bertaqwa.”

Wallahu A’lam Bishshowwab

Mohon Do’a dan Restu

Wassalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 29,815 hits
Maret 2009
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
%d blogger menyukai ini: