Menatap Hari Esok

Wawancara sahabat yang sangat kreatif

Posted on: Oktober 20, 2008

Saya mewawancarai sahabat saya yag bernama Fajar Wibowo, beliau mantan Ketua Himpunan Farmasi dan sekarang menjabat sebagai Ketua Asrama (Ro’is Am) Pondok Pesantren Mahasiswa Miftahul Khoir. Sebagai bagian dari tugas kewirausahaan. Berikut hasil wawancara saya.

Q: Mas Fajar saat ini memegang amanah apa saja?

A: Sekarang memegang amanah sebagai kep[ala santri PPM Miftahul Khoir, menjadi mentor agama di SMA, mengajar bahasa Inggris (Guru sukarelawan) di panti asuhan pemberdayaan umat – Braga, manajer pemasaran “alternative medicinal juice”, manajer operasional bimbel fifa (fikro fathonah), mahasiswa Farmasi (tinggal menyusun TA).

Q: Apa sih kiat-kiat memanajemen waktu yang baik?

A: membuat jadwal harian sedetail mungkin. Seperti: mencuci setiap hari senin dan sabtu pagi. Lalu ada waktu khusus untuk memikirkan setiap amanah yang dipegang, seperti: 15 menit setiap hari untuk memikirkan Pesantren, 30 menit untuk memikirkan TA. Kemudian ada waktu khusus untuk mengembangkan diri, misal: untuk bahasa Inggris menonton Indonesian This Morning setiap hari mulai jam 7 pagi s.d jam 7.30. Lalu, olahraga sehari paling tidak push up 10x, dan sit upo 15x.

Fikir à Bahasa Inggris dan akademik (Farmasi)

Jasad à Kuat, lincah, menguasai sport (olahraga permainan) sepeti Sepak bola,

Basket, Tenis meja.

Ruhiyah à Memiliki targetan ibadah (Dhuha, tahajud, qobla subuh, dll)

Q: Bagaimana sih caranya agar konsisten?

A: Sebenarya sih tidak 100% konsisten, terkadang ada bolongnya. Namun, diusahakan tidak ada bolongnya. Agar konsisten harus dibiasakanb, ”start small” (Mulai dari yang kecil).

Q: Menurut mas, pemimpin yang ideal seperti apa?

A: Pertama pengaruh, Dia bisa membawa dan mempengaruhi orang lain ke arah visi yang lebih baik dan jelas. Kedua, memiliki kreativitas dan inovasi “Good in Character and Competence”. Ketiga, bisa menjadi navigator à “Semua orang bisa memegang kepala, namun hanya pemimpin yang bisa membawa”.

Q: Cita-cita mas seperti apa?

A: Lulus, kerja di perusahaan obat tradisional dan jamu. Membuat data base obat tradisional dari seluruh daerah di Inbdonesia. Mengembangkan fitofarmaka (obat tradisional yang telah diuji secara klinis) à Indonesia hanya memiliki 7 fito farmaka, padahal kekayaan alam Indonesia ake-2 terbesar bersaing dengan Brazil. Lalu, saya ingin menjadi developer kos-kosan untuk kalangan menengah ke atas dengan program-program plus pembinaan. Menjadi bupati Klaten atau Gunung Kidul serta memiliki lembaga training informal “Village Teenage Education Center”.

Saya membatasi cita-cita saya dalam 3 aspek, yaitu: Pengusaha, Pendidik, Pemerintahan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 30,413 hits
Oktober 2008
S S R K J S M
« Feb   Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
%d blogger menyukai ini: